Pendulum Watch

Minggu, 21 Agustus 2011

Sedikit Tentang Prosesor

Semenjak dihentikannya prosesor seri Pentium oleh Intel dan digantikan dengan seri core banyak terjadi kesalahan penyebutan maupun pengertian di kalangan pengguna komputer. Oleh karena itu disini akan sedikit diulas tentang prosesor.
I. Dual Core
Istilah dual core berarti dua inti (core) dalam 1 prosesor. Pihak Intel untuk generasi awal produknya menggunakan merek dagang CoreDuo dan Core2Duo sedangkan pabrikan AMD mempunyai Athlon 64 X2, Athlon II X2, Phenom X2 dan Phenom II X2. Kalau demikian, apa beda coreduo dengan core2duo? Mungkin ilustrasi berikut bisa menggambarkan perbedaannya.
File:Dual Core Generic.svg
pada gambar di atas terlihat masing2 core hanya memiliki L1 cache sedangkan L2 cache nya masih dipakai secara bersama-sama. Itu adalah coreduo. sedangkan pada core2duo masing2 core telah memiliki L2 cache sendiri2 yg masih bisa bekerja sama secara paralel. itu sebabnya mengapa kinerja core2duo lebih cepat dan handal dibanding coreduo. Dalam pengembangannya intel merilis core i3 dan juga sebagian core i5 masih merupakan prosesor dual core.

II. Triple Core
Bermakna prosesor yg mempunyai 3 core. Hanya AMD yg memiliki produk dengan 3 core. Konon, prosesor tipe ini merupakan prosesor yg memiliki 4 core tetapi salah satu core atau cache nya mengalami cacat produksi sehingga sisi yg cacat tsb dikunci oleh pihak AMD dan dipasarkan sebagai prosesor dengan jumlah core ganjil. Yang termasuk seri ini yaitu Athlon II X3 dan Phenom II X3.

III. Quad Core
Prosesor seri ini berarti mempunyai 4 buah core. Generasi awal Intel ada core2quad dan core2xtreme sedangkan AMD mempunyai Athlon II X4 dan Phenom II X4.

IV. Hexa Core
Berapa core nya? yup,betul. Prosesor ini punya 6 core. Intel diwakili core i5 dan core i7 sedangkan AMD menelurkan Phenom II X6.

Mungkin di masa mendatang akan semakin banyak prosesor multicore yg akan dirilis kedua parikan tsb. Kita tunggu aja. Ok, semoga ulasan pendek ini bisa berguna. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar