Pendulum Watch

Kamis, 13 Oktober 2011

Otomasi Install Software dengan WPI

Bagi kamu yang sering melakukan install program pada OS windows tentunya akan merasa kesulitan dan memakan waktu apabila software yang akan di-install cukup banyak karena harus dilakukan satu persatu. Nah, ada suatu program yang bisa membantu meringankan pekerjaan kamu dalam menginstall beberapa program. WPI (Windows Post Installation). Dengan program ini kamu bisa menginstall software secara otomatis sekaligus dan juga menentukan program mana saja yang akan kamu install. Ok..kita langsung saja.
1. Download WPI disini > Link
2. Kemudian ekstrak terserah kemana saja (hasil download berupa file rar)
3. Letakkan semua sofware yang akan kamu install ke dalam folder Install
4. Jalankan file WPI.hta lalu klik pada tombol "config"

5. Klik tombol "Add" di bagian atas

6. Kemudian pada seksi/bagian nama kamu ketikkan nama software yang akan kamu install, mis. kamu akan install Mozilla Firefox maka kamu bisa ketikkan "Firefox" tanpa tanda kutip. Soal nama itu pilihan kamu.
7. Kemudian kamu klik di bagian Unique ID, maka kotak Unique ID akan otomatis terisi ID untuk Firefox. Biasanya akan terisi nama software dalam huruf kapital dan tanpa spasi.
8. Kamu bisa kelompokkan software yang akan kamu install ke dalam beberapa kategori dengan meng-klik Category dan membuat beberapa kategori baru.
9. Lanjut...klik pada tab "Command". Klik tombol "Add" lalu browse ke folder Install dimana software tadi diletakkan.
10. Kemudian tambahkan switch yang diperlukan agar installasi sofware tsb berjalan secara silent. Kamu bisa klik tombol di sebelah tombol "browse" untuk menentukan silent switch. Jika tidak ketemu kamu bisa kunjungi forum MSFN untuk menanyakan kesulitan kamu. Untuk Mozilla firefox kamu bisa pergunakan -ms untuk silent switch-nya. Kemudian klik save.
11. Kamu lakukan cara2 di atas untuk software2 lainnya.
12. Untuk konfigurasi lainnya  seperti tema kamu bisa coba sendiri karena caranya tidak sulit.

2 komentar: