Pendulum Watch

Selasa, 20 Desember 2011

Multi OS di Satu HDD

Sistem Operasi apa yang paling kamu sukai? Win XP? Win 7? Linux? Manapun yang jadi pilihan kamu semua oke-oke saja. Bagaimana kalau kamu suka ketiga-tiganya? Apa harus punya 3 komputer untuk 3 OS? Jawabnya TIDAK. Kamu bisa menginstall dua OS atau lebih pada 1 komputer. Timbul pertanyaan, apa gak berat pake 2 OS sekaligus? Sekali lagi jawabnya TIDAK. Karena hanya 1 OS yang hanya akan di-boot. Jadi tidak dua-duanya, akan muncul opsi untuk memilih OS mana yang akan kamu boot.
OK, mis. kamu suka Win XP dan juga Win 7. Mari kita install dua OS ini dalam 1 HDD dalam 1 komputer. Syaratnya cuma satu, masing-masing OS harus di-install di partisi yang berbeda.

I. HDD kosong/baru
Jika HDD kamu masih baru alias kosong tanpa partisi dan OS maka usahakan menginstall OS yang usianya paling tua/lama dulu baru kemudian yang lebih muda/baru. Maka dalam hal ini kamu install Win XP dulu setelah selesai baru kamu lanjut install Win 7. Cara install Win XP bisa dilihat disini, Win 7 bisa disini. Setelah 2 OS ini terinstall maka kamu bisa memilih OS mana yang akan di-boot. Jika tidak muncul opsinya dan salah satu OS ini langsung di-boot kamu bisa melakukan setting sebagai berikut sehingga nantinya akan muncul opsi OS mana yang akan yang akan kamu boot pada saat komputer kamu nyalakan.

II. HDD dengan OS/partisi
Untuk HDD yang telah terpartisi dan terinstall salah satu OS di atas maka kamu harus membuat satu partisi baru untuk OS yang satu lagi yang akan kamu install. Caranya tentu kamu udah bisa semua, kalau belum silahkan googling,ada banyak kok tutorial cara membuat partisi. Setelah kamu punya 2 OS tentunya OS yang lama akan tertimpa bootloader-nya. Kamu bisa memperbaikinya dengan software EasyBCD yang dapat di-download disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar