Pendulum Watch

Jumat, 20 Januari 2012

Membuat Self-Extracting Aplikasi dengan WinRAR

Bagi kamu2 pengguna kompi tentu sudah kenal dengan aplikasi WinRAR yaitu salah satu aplikasi terkenal untuk kompresi files untuk pengarsipan sehingga file2 yang kamu kompres akan menjadi lebih kecil ukurannya dibanding dengan file aslinya.
Kali ini ane mau share salah satu fitur WinRAR yaitu membuat SFX. SFX merupakan file yang terkompresi dan akan terekstrak dengan sendirinya ke suatu direktori tertentu. Sebagai contoh kita akan kompres dan buat aplikasi Internet Download Manager yang sudah terinstal di kompi kamu sehingga hasilnya bisa kamu pakai untuk di-install ke kompi lain plus sekaligus sudah ter-register. Tertarik? Ini caranya.
1. Pastikan winrar dan Internet Download Manager full version sudah terinstall di kompi kamu.
2. Buka registry editor dan eksport registry IDM ([HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Internet Download Manager]) ke direktory IDM, biasanya disini > C:\Program Files\Internet Download Manager simpan dengan nama IDM.
3. Seleksi semua file dalam direktory IDM dengan Ctrl+A, klik kanan pilih opsi "add to archive" maka akan muncul jendela dialog seperti ini :

4.Ganti Archive nama sesuai selera kamu, Compression method rubah ke "best", pada Archiving option cek list "create sfx archive", "create solid archive" dan "put recovery record"
5. Kemudian pad tab "advance" pilih sfx option.
6. Pada "path to extract" isi dengan "%systemdrive%\Program Files\Internet Download Manager" (tanpa tanda kutip". Pada "run after extraction" isi dengan "REGEDIT /S IDM.reg" (tanpa tanda kutip. Pindah ke tab mode, pada silent mode pilih hide all, lanjut ke tab update,pada overwrite mode pilih overwrite all files,lalu klik ok, lalu ok lagi.
7. Tinggal tunggu beberapa saat en...tada....jadi deh IDM versi silent buatan kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar